Liputan Khusus : Tehnik Menyerang Cepat Handle Kiri Lin Gao Yen [ Part 2 ]

[ Bagian III ] 

Pukulan topspin backhand berturut-turut tanpa kesalahan di jarak menengah.

Bagian ketiga ini menampilkan topspin backhand-nyaLin Gao Yen di jarak menengah. Senjata andalannya adalah topspin backhandnya dekat dengan meja, tetapi backhandnya Topspin dari jarak menegah  dan dari jarak jauh juga memiliki presisi dan akurasi yang sangat tinggi.

Topspin backhandnya di jarak menengah didasarkan pada gerakan raketnya yang ringkas dan kompak, gerakan untuk mengantisipasi aksi relly panjang ke depan.  Ini adalah referensi yang bagus untuk pemain Jepang dan Asia yang ukuran fisiknya mirip dengan miliknya dengan tidak hanya mengandalkan kecepatan permainan saja.

Poin 1 :

Tekuk rendah dan putar sedikit pinggang untuk menghasilkan tenaga

 

Membungkuk untuk membuat posisi tubuh rendah, Putar sedikit pinggang, dan kemudian Putar pergelangan tangan secara maksimal.

Mari kita lihat backswing-nya dulu (foto A-1 hingga A-3).

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah transisi postur tubuhnya. Lin Gao Yen, menciptakan yang posisi tubuh rendah dengan menekuk lutut dan tubuh bagian atas (foto A-2), ini memungkinkan dia untuk menghasilkan kekuatan untuk menggerakkan lengan dengan kuat dengan memindahkan tumpuan berat badannya ke kedua kakinya. Fakta lain yang perlu diperhatikan adalah ia memutar pinggangnya sedikit sambil mendorong lutut kirinya (lutut kanan untuk pemain tangan kanan) maju setelah membungkuk rendah (foto A-3).

Lebih banyak kekuatan dapat diciptakan dengan memutar dibagian pinggang bersamaan dengan ayunan lengan, sehingga menciptakan posisi tubuh rendah pada awal stroke.  Satu poin penting untuk pukulan topspin backhand yang efektif di jarak menengah adalah bagaimana Anda bisa membuat jarak terbang dan kekuatan pada bola. Backswing Lin Gao Yen sebagai referensi, Lin Gao Yen dengan demikian memutar pinggangnya sementara membungkuk rendah untuk menciptakan kekuatan. Satu lagi fakta yang bisa dijadikan referensi adalah dia mendorong sikunya maju dan memutar pergelangan tangannya untuk mengarahkan kepala raket secara diagonal ke belakang.

Poin 2 :

Dorong dari kaki untuk menjaga tubuh tetap tinggi sebelum gerakan yang sebenarnya dimulai.

 Dorong dengan kaki dari tanah untuk menjaga tubuh dalam posisi tinggi. Jangan gerakkan raket dulu. Perhatikan gerakannya untuk transit dari backswing ke stroke (foto B-1 ke B-2).

Lin Gao Yen membuat tubuhnya tinggi sebelum memulai gerakan raketnya, mengikuti backswing, ia berada dalam posisi duduk rendah karena posisinya raket hampir tidak berubah; lihat foto B-1 dan B-2. Alasan untuk posisi tubuhnya yang tinggi adalah untuk titik awal stroke oleh mendorong dari kaki.

Posisi tubuh tinggi dengan mendorong dari kaki sebelum menggerakkan tangan membuatnya lebih mudah untuk secara efisien mentransmisikan daya ke lengan dari tubuh bagian bawah (daya dihasilkan dengan mendorong dari tanah dengan kaki). Ketepatan pukulan ditingkatkan sebagai gerakan lengan menjadi lebih kuat dan lebih stabil jika gerakan raket dimulai setelah titik awal.

Sama seperti pelompat panjang secara dinamis melompat setelah mulai berlari, bukan dari sambil berdiri diam, posisi set-up sangat penting untuk pukulan yang kuat. Poin yang perlu diperhatikan untuk topspin backhandnya yang tepat dari jarak jauh adalah awalnya posisi yang memungkinkan dia untuk menjaga tubuh bagian atasnya tetap tinggi dengan mendorong dari kaki setelah bersiap dalam posisi rendah.

Poin 3 :

Selesaikan pukulan dengan menggerakkan raket dengan kompak.

Pindahkan raket ke atas dengan cara yang ringkas, Akhiri pukulan dengan menggerakkan raket ke bawah Periksa gerakan raketnya.  Lin Gao Yen Menciptakan posisi awal untuk menjaga tubuh tetap tinggi dengan mendorong dari kaki (foto C-1)

Lin Gao Yen melakukan topspin backhandnya dengan menggerakkan raket ke atas sambil memutar pinggangnya kembali ke posisi normal setelah berputar sedikit persiapan (foto C-2 hingga C-3).

Gerakan raket tampak kompak, tetapi seperti yang dijelaskan, Lin Gao Yen bisa melakukan pukulan topspin backhand yang kuat dengan jarak terbang yang bagus bahkan dengan gerakan yang relatif kompak. Alasannya adalah karena dia bersiap dengan baik sebelum stroke dengan tubuh bagian bawah yang benar.

Yang juga perlu diperhatikan adalah tindak lanjut (gerakan raket setelah stroke), Raket itu pergi ke bawah. Dengan demikian, raket tidak jauh dari tubuh, hingga memungkinkan untuk bereaksi terhadap bola berikutnya dengan cepat jika Anda menyelesaikan pukulan dengan mendorong raket ke bawah.

Lin Gao Yen, yang bagus dalam permainan relly dekat dengan meja, bisa melakukan pukulan telak backhand topspin secara berurutan bahkan dalam relly terbuka di jarak menengah. Itu alasan utama adalah tindak lanjutnya dengan memprioritaskan persiapan untuk bola berikutnya dimungkinkan oleh gerakan raket yang kompak.

 

[ Bagian IV ]  Tehnik Fast Chiquita untuk mengaktifkan serangan cepat

 

Chiquita adalah teknik untuk mengembalikan bola di atas meja dengan pukulan topspin backhand, sekarang banyak pemain top telah memiliki stroke sebagai salah satu dasar teknik mereka, Lin Gao Yen tidak terkecuali. Stroke Chiquitanya sangat efektif membuka peluang untuk dapat melepaskan serangan cepat.

Kami fokus pada stroke Chiquita yang cepat di antara tekniknya. Mari kita lihat pukulan miliknya berkaitan dengan pola bermain dieksekusi dalam arah diagonal (kesisi backhand lawan kanan saat ia kidal). Ini bermain melawan service yang diterima pendek untuk sisi forehand-nya ( service dengan sisi dan kembali berputar).

Poin 1 :

Bergeraklah lebar ke sisi forehand dan hadapi lawan secara diagonal.

Pindah ke sisi forehand arahkan tubuh ke arah diagonal, Jaga keseimbangan yang baik menggunakan lengan bebas. Tindakan pertama ketika menerima service dengan pukulan Chiquita dekat dengan net di sisi forehand adalah untuk bergerak lebar ke forehand untuk memukul bola depan bodi seperti terlihat pada foto A-1 hingga A-3.

Titik untuk belajar dari Lin Gao Yen adalah posisi tubuh saat bergeser menuju arah diagonal (foto A-3).

Keuntungan dengan menghadap ke arah diagonal adalah membuatnya lebih mudah untuk menambahkan kekuatan pada pukulan dan sehingga menyulitkan lawan untuk memprediksi arah penempatan bola. 

Lihat juga bagaimana ia menjaga keseimbangan dengan baik, dengan mengangkat lengan bebas (lengan kanan untuk Lin Gaoyuan kidal) dengan ketinggian yang sejajar dengan raket.

Poin 2 :

Lakukan gerakan backswing dengan menjaga jarak yang nyaman dari bola.

Memiliki jarak yang cukup jauh dari bola bentuk keseimbangan yang baik dengan meletakkan beban di kaki kiri. Dalam hal ini ketika menerima dengan Chiquita, seorang pemain bergerak cepat ke sisi forehand untuk stroke di depan tubuhnya, mengangkat siku dan membuat backswing memutar pergelangan tangan secara maksimal. Perhatikan jaraknya antara tubuh dan bola.

Lin Gao Yen membuat backswing sambil menjaga jarak yang cukup jauh dari bola (foto B), ini memungkinkan raket untuk berputar tanpa terhalang oleh tubuhnya.

Salah satu alasan mengapa pemain tidak dapat melakukan pukulan dengan kuat dalam menerima Chiquita adalah jarak dari bola, gerakan raket dibatasi jika jaraknya terlalu dekat. Perhatikan tidak hanya gerakan menyamping tetapi juga "posisi seimbang" saat mengeksekusi Chiquita melawan bola yang datang dengan cepat untuk forehand.  Hal yang perlu diperhatikan adalah menjaga jarak dari bola sehingga gerakan raket sepenuhnya dimungkinkan.

Fakta untuk belajar dari backswing Lin Gao Yen adalah bahwa ia menjaga keseimbangan yang baik sambil bersandar sedikit ke sisi forehand-nya. Dia menekuk lutut kirinya di mana dia menempatkan tumpuan berat badannya.

Poin 3 :

Gerakkan raket ke arah yang lurus dengan memperhatikan bagian bawah

Lepaskan pergelangan tangan yang bengkok sebagai persiapan,Akhiri pukulan dengan mendorong raket ke bawah. Lin Gao Yen menggerakkan raket ke samping dengan arah lurus melepaskan pergelangan tangan bengkok dalam persiapan setelah pindah ke sisi forehand dan mengambil arah mundur cukup jauh dari bola (foto C-1 hingga C-3).

Dengan demikian, kecepatan bola bisa ditingkatkan dengan menggerakkan raket ke samping, tidak ke atas. Perhatikan gerakan yang tidak mengubah tinggi sikunya. Perhatikan dengan cermat tindak tindak lanjutnya (gerakan setelah stroke) (foto C-3).

Lin Gao Yen mengikuti dengan memindahkan raket ke bawah, sama seperti tophand counter topspin dekat dengan meja dan topspin backhand di pertengahan jarak diperkenalkan dalam edisi lain; dengan demikian, keuntungannya adalah bola akan melakukannya tidak pergi ke atas meja karena jarak penerbangan tertahan bahkan ketika membelai kuat. Reaksi bola selanjutnya bisa cepat karena raketnya tetap ada dekat dengan tubuh.

Karakteristik umum dari teknik backhand Lin Gao Yen adalah hasil akhir stroke-nya dengan mendorong raket ke bawah. Ini adalah akhir untuk mencegah kesalahan memukul terlalu lama dan memprioritaskan persiapan untuk bola berikutnya. Itu adalah salah satu pilar yang memungkinkan serangan cepat efektif bermain dekat meja.



Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published