DISKON SAMPAI 30%

9 Keterampilan Dasar Tenis Meja

umum

Apa Keterampilan Dasar Tenis Meja?
Tenis Meja adalah olahraga yang kompleks, dan dibutuhkan sejumlah latihan untuk menguasai keterampilan. Pada tingkat pemula, ada beberapa keterampilan dasar yang akan Anda perkenalkan saat bermain tenis meja.

Permainan ini hadir dengan banyak aturan, dan kecuali Anda bermain dengan santai, Anda perlu mempelajari segala sesuatu tentang Permainan tersebut. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui adalah teknis permainan, yang meliputi jenis pukulan atau pukulan yang harus dimainkan. Anda perlu melatih keterampilan penting ini untuk meningkatkan Teknik Anda dalam tenis meja. Setelah Anda berpindah dari langkah-langkah dasar, Anda dapat melanjutkan ke keterampilan lanjutan dalam permainan.

Jika Anda ingin tahu cara bermain tenis meja, Anda harus mempelajari semua keterampilan dasar yang terlibat dalam permainan. Selain itu, melatih keterampilan yang Anda pelajari akan sangat membantu meningkatkan keahlian Anda. Anda dapat maju dari pemula ke pemain mahir dalam waktu singkat. Pemula harus melalui setiap proses pembelajaran dengan hati-hati dan tidak melewatkan bagian-bagian penting.

Langkah pertama untuk belajar tenis meja adalah mengetahui cara memainkan pukulan dengan sempurna. Kami akan mencoba menjelaskan masing-masing pukulan dalam tenis meja dan tujuannya dalam permainan. Dalam artikel ini, Anda akan belajar tentang semua jenis pukulan yang berbeda dalam tenis meja.

9 Keterampilan Dasar Forehand dan Backhand Ping Pong?
Ada berbagai pukulan dan putaran yang terlibat dalam tenis meja yang memungkinkan pemain untuk mendapatkan poin dalam permainan. Setelah mempelajari pukulan dasar dalam permainan, Anda juga perlu berlatih pukulan  dalam tenis meja untuk mengalahkan lawan. Ada banyak pukulan dalam permainan, tetapi mereka dapat diklasifikasikan menjadi pukulan ofensif dan pukulan defensif.

Teknik servis merupakan teknik penting untuk tenis meja. Porsi yang baik dapat memberi Anda keuntungan besar.

Serve
Awalan ini memberi Anda kendali penuh dan total atas bidikan Anda. Manfaat utama dari pukulan ini adalah untuk memaksa lawan melakukan kesalahan dalam permainan. Service yang baik akan membuat Anda mendapatkan poin kemenangan dan bisa membuat lawan Anda meleset. Ini adalah pukulan utama dan memungkinkan Anda untuk menang dengan membuat pemain lain kehilangan keseimbangan. Ada banyak jenis servis dalam tenis meja, tetapi yang utama adalah servis forehand dan backhand.

Pukulan servis forehand tenis meja merupakan salah satu jenis servis pertama yang dipelajari oleh pemula. Tembakan ini paling sering digunakan selama pertandingan.

Bagaimana cara melakukan servis forehand dalam tenis meja?
Bagaimana cara melakukan servis backhand dalam tenis meja?
Selain servis forehand dan backhand, kita juga perlu mengetahui putaran

servis :

  • Servis Backspin
  • Servis Topspin
  • Servis Sidespin


Backspin mirip dengan push atau chop, dan jenis servis ini dapat dilakukan secara efisien dengan bet terbuka. Servis backspin melibatkan bet yang memukul bagian bawah bola tenis. Ini juga merupakan salah satu layanan ping pong terbaik di antara para atlet.

Pukulan tenis meja servis topspin seperti drive dilakukan dengan bet datar. Pemain harus menggunakan bet untuk merumput bagian atas bola dan menjaga bet pada sudut tertutup untuk mendapatkan putaran yang cukup.

Jenis servis ini mudah dilakukan karena hanya perlu memukul punggung bola dengan gerakan kiri-ke-kanan atau sebaliknya. Anda juga bisa melakukan pukulan sidespin dengan cara memegang bet dengan posisi menghadap ke depan.

Table tennis serve

Servis tenis meja

Mengendalikan
Pukulan dalam tenis meja tidak sama dengan pukulan dalam tenis atau olahraga bet lainnya. Ini adalah pukulan menyerang utama yang digunakan oleh pemain untuk menjaga bola tetap dalam permainan. Dorongan tersebut menempatkan pemain di bawah tekanan untuk membuat mereka rentan, dan kemudian Anda dapat memberikan tembakan yang lebih kuat lagi. Pukulan membutuhkan topspin ringan yang membuat bola bergerak pada lintasan rendah. Mereka terutama digunakan sebagai pukulan ofensif dalam permainan dan akan menyebabkan lawan Anda membuat kesalahan yang merupakan kemenangan.

Pemain harus menguasai jenis pukulan ini, terutama dua jenis pukulannya, yaitu forehand, dan backhand. Ketika pemain menguasai Pukulan forehand dan backhand, itu hanya menyisakan sedikit atau tidak ada ruang bagi lawan untuk menyerang. Saat menjalankannya, Anda perlu menggunakan seluruh tubuh Anda untuk menghasilkan tenaga yang cukup dan memberikan pukulan yang konsisten. Akan membantu jika Anda menjaga sikap yang benar saat Anda siap melakukan pukulan forehand dan backhand.

Pukulan forehand dalam tenis meja menempatkan lawan Anda di bawah tekanan dan memberi Anda kendali atas permainan. Tembakan membuat lawan Anda kembali ke garis dasar tabel. forehand mengembalikan pukulan agresif dan menjaga agar bola mendarat dekat dengan baseline lawan.

Pukulan backhand sangat mirip dengan pukulan forehand. Ini membatasi tembakan agresif lawan dan mengirim bola ke baseline lawan.

  • Bagaimana Cara Memainkan Pukulan Forehand di Tenis Meja?
  • Bagaimana Cara Memainkan Pukulan Backhand di Tenis Meja?

Table tennis forehand drive

Push / Dorong
Push adalah pukulan ofensif lain dalam permainan yang mirip dengan pukulan dalam permainan tenis karena Bet memukul di bawah bola saat Anda mengirim backspin yang membuat bola melayang perlahan ke sisi meja lawan. Sulit bagi lawan untuk menyerang saat Anda melakukan pukulan Push.

Saat melakukan dorongan, pastikan pukulannya lembut dan Anda tidak terburu-buru. Jika Anda melakukan push tergesa-gesa, itu akan menghasilkan tembakan panjang yang terlalu tinggi. Dorongan membutuhkan sentuhan yang lebih halus dan profesional. Ini adalah pukulan terdepan yang menjadi lebih agresif dan, pada gilirannya, menghasilkan lebih banyak putaran.

Anda dapat membandingkan push dengan backspin karena pukulan ini biasanya mengubah tempo permainan. Saat melakukan push, Anda harus berada di posisi yang benar dengan menjaga kaki kanan Anda melangkah masuk. Push biasanya dilakukan saat mengembalikan pukulan rendah dan dekat saat backspin berfungsi. Juga, posisi Bet Anda penting, terutama ketika mempertimbangkan kekuatan backspin yang dikirim ke arah Anda. Jika lawan Anda melakukan backspin yang berat, bet Anda akan berada pada sudut terbuka. Selain itu, ada dua jenis pukulan dalam tenis meja, yaitu pukulan forehand dan pukulan backhand

Push / Dorong Forehand
Pukulan Backhand
Pukulan forehand dalam tenis meja adalah salah satu pukulan utama dan terpenting dalam permainan. Ini adalah salah satu yang paling sulit untuk mengeksekusi empat dan membutuhkan beberapa latihan untuk menyempurnakan keterampilan ini. Tembakan forehand digunakan untuk mengembalikan bola pendek dan mencegah tembakan menyerang dari lawan.

Dorongan backhand adalah favorit di antara pemain dan pukulan yang mudah. Ini bertindak sebagai tembakan defensif untuk mencegah lawan menyerang Anda lebih jauh. Jenis tembakan ini mencegah lawan melakukan tembakan balik.

  • Bagaimana Cara Memainkan Forehand Push di Tenis Meja?
  • Bagaimana Cara Melakukan Backhand Push dalam Tenis Meja

Table Tennis Push

Block
Salah satu pukulan yang paling mudah dilakukan dalam tenis meja adalah blok. Hal ini dapat dilakukan dengan menempatkan bet di depan bola, sehingga memantul kembali ke lawan dengan kekuatan yang sama. Salah satu keuntungan melakukan pukulan ofensif seperti ini adalah memberikan sedikit ruang bagi lawan untuk pulih untuk melakukan pengembalian. Sebuah blok bekerja untuk keuntungan Anda karena menggunakan kekuatan lawan melawan mereka. Biasanya dilakukan setelah bola memantul di sisi meja Anda untuk menjaga kontrol dan kecepatan bola.

Posisi bet Anda akan tergantung pada apakah bet harus pada sudut tertutup atau terbuka. Saat lawan mengirimkan topspin yang berat, rak Anda akan ditutup. Sebagian besar pemain menggunakan blok ketika tidak ada cukup waktu untuk membuat putaran atau drive yang baik. Jika Anda memiliki kontrol yang wajar dari blok, Anda dapat menggunakannya sebagai tembakan ofensif yang baik. Pastikan Anda menggunakan pergelangan tangan Anda saat membuat blok, dan itu harus menghadap ke arah bola yang masuk. Gerak kaki Anda juga penting dan harus bergerak ke arah area di mana Anda ingin memukul bola.

Blok adalah pukulan yang perlu Anda latih lebih sering. Menguasai pukulan ini akan menjadikannya senjata yang berguna melawan lawan Anda. Seperti pukulan dan push, ada dua tipe dasar blok dalam tenis meja:

  • Blok Forehand
  • Blok Backhand

Blok forehand adalah salah satu pukulan defensif terbaik dalam permainan dan memberi pemain lebih banyak kontrol. Jenis pukulan ini memungkinkan Anda untuk mengontrol pukulan cepat dari lawan Anda, dan ini bermanfaat saat menerima servis topspin yang berat. Blok forehand adalah respons cepat ketika Anda tidak punya cukup waktu untuk mengirim pukulan balik. Ini digunakan dalam latihan dan merupakan salah satu pukulan yang harus Anda latih.

Blok backhand juga merupakan teknik serupa dalam ping pong, dan memungkinkan Anda untuk mengontrol pukulan lawan. Jenis tembakan ini digunakan untuk melakukan counter-spin shot. Ini berbeda dengan pukulan backhand tetapi akan membantu mempertahankan Anda dari putaran atas yang berat ketika Anda memiliki sedikit waktu untuk pulih.

  • Cara bermain blok forehand?
  • Bagaimana cara memainkan blok backhand?

Table Tennis Block

Loop
Loop ini mirip dengan drive di tenis meja. Saat melakukan pukulan ini, bet sejajar dengan arah pukulan, yang akan menyebabkannya sedikit menyentuh bola, memberikan jumlah topspin yang baik. Biasanya, ketika seorang pemain membuat loop yang baik, itu menghasilkan busur tinggi yang membuat bola melompat ke depan ketika memantul di sisi meja lawan. Memainkan loop akan membutuhkan banyak topspin.

Ada banyak variasi loop dalam tenis meja. Yang utama adalah spin loop, speed loop, hook loop, and counter loop. Variasi ini didasarkan pada lintasan dan meningkatkan efektivitas tembakan. Loop adalah salah satu pukulan paling ampuh dalam tenis meja. Ini menghasilkan topspin berat dalam banyak kasus, membutuhkan pemain untuk menggunakan pergelangan tangan mereka saat menyikat bola dalam gerakan ke atas dan ke bawah.

Ada dua jenis loop dalam permainan ini, loop forehand dan loop backhand. Kedua pukulan ini memaksa bola untuk meluncur rendah dan meluncur dari meja dengan kecepatan yang sangat tinggi. Saat melakukan loop, gerakan Anda akan melibatkan menyikat bola dengan kecepatan raket tinggi, tidak seperti saat mengemudi.

Table Tennis Loop

Flick
Ketika seorang pemain memukul bola yang belum memantul di luar tepi meja, hanya ada sedikit ruang untuk melakukan backswing. Masih ada peluang untuk menyerang bola, dan tembakan yang dilakukan disebut sebagai Flick. Sebuah Flick bukanlah satu pukulan dan kadang-kadang dibandingkan dengan Pukulan atau loop karena karakteristiknya yang serupa. Satu-satunya hal yang membedakannya dari pukulan-pukulan lainnya adalah jika pukulan ke belakang dikompresi menjadi gerakan pergelangan tangan yang pendek.

Ada dua jenis :

  • Flick Forehand
  • Flick Backhand


Flick forehand digunakan sebagai pukulan menyerang ketika lawan mengirimkan bola short. Pemain diharapkan untuk mengambil sikap yang sama seperti saat melakukan pukulan dorong pendek, tetapi Anda dapat mengubah arah, kecepatan, dan putaran bola. Dengan cara ini, Anda bisa menjentikkan bola menjadi pendek dengan mengubah pergelangan tangan Anda. Atlet menggunakan pukulan forehand untuk pukulan ke atas untuk melawan backspin.

Pukulan backhand juga melawan bola pendek tetapi dengan pemain menggunakan kedua pergelangan tangan dan lengan bawah untuk melakukan pukulan ini. Posisi kuda-kudanya sama dengan gerakan forehand, dan arah gerakan biasanya berupa sapuan ke atas terhadap backspin. Namun, Anda harus menjaga kaki kanan Anda di bawah meja di tengah area backhand untuk jenis Flick ini.

Table Tennis Flick

Chop
Chop adalah pukulan dorong yang jauh lebih berat dan lebih besar. Posisi bet biasanya mendatar dan menghadap sedikit ke atas. Pada saat yang sama, pemogokan berjalan dalam posisi lurus ke bawah. Jika Anda melakukan chop dengan banyak backspin, lawan Anda akan kesulitan untuk mengembalikan pukulan tersebut. Pukulan adalah pukulan defensif, dan pukulan itu cocok dengan putaran atas lawan Anda dengan kecepatan raket Anda. Chops bukanlah pukulan yang mudah dilakukan, dan tujuan dari pukulan ini adalah untuk membingungkan lawan Anda.

Table Tennis Chop

Lob
Lob adalah pukulan defensif lain yang digunakan oleh pemain dalam permainan tenis meja. Pukulan jenis ini mendorong bola tenis ke atas setinggi lima meter di atas meja tenis ke sisi meja lawan. Sikap pemain saat melakukan pukulan ini adalah berada setidaknya 4 hingga 6 meter dari meja. Pukulan lob adalah salah satu pukulan terbaik untuk setiap putaran dalam tenis meja. Lob bertahan yang sangat baik lebih sulit untuk dikembalikan karena tidak dapat diprediksi. Pukulan ini menghasilkan jumlah putaran yang tinggi dan akan memberi pemain beberapa poin bagus dalam permainan.

Table Tennis Lob

Smash
Smash adalah pukulan yang digunakan pemain ketika bola yang masuk memantul terlalu tinggi atau dekat dengan net. Di sini, pemain akan membutuhkan backswing yang besar dan speed shot yang kuat. Smash bertujuan untuk membuat bola bergerak dengan kecepatan tinggi, sehingga lawan tidak memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan pengembalian. Jika seorang pemain mengeksekusi pukulan ini dengan benar, mereka dapat melakukan serangkaian pukulan untuk membuat lawan kehilangan keseimbangan. Smash pertahanan brutal untuk menang ketika lapisan tidak melakukannya dengan benar. Ada dua jenis smash, yaitu pukulan forehand dan pukulan backhand.

Smash forehand mirip dengan drive tetapi memiliki backswing yang lebih panjang. Jenis tembakan ini lebih cepat dan lebih bertenaga, terutama saat bersentuhan dengan bola. Ini akan membutuhkan transfer berat badan dan juga ketinggian bola. Pemain harus mengarahkan bola ke lokasi tertentu bukan hanya melakukan smash secara acak karena merupakan tembakan yang tidak dapat diprediksi. Lawan mungkin mengenai lokasi yang paling tidak diharapkan selama bermain.

Table Tennis Smash

Ringkasan
Atlet profesional menggunakan pukulan ofensif dan defensif dalam permainan mereka. Pukulan ini memberi pemain peluang menang dan memulai permainan yang lebih baik. Sebagai seorang pemula, Anda perlu mempelajari semua keterampilan ini dalam permainan ini, dan Anda hanya dapat melakukannya dengan latihan terus-menerus. Forehand drive dan backhand adalah pukulan yang paling umum digunakan dalam permainan. Mereka juga merupakan pukulan tenis meja dasar yang dipelajari pemula sebelum jenis pukulan lainnya. Keterampilan lain dalam tenis meja yang perlu Anda pelajari adalah servis. Dua jenis utama, servis forehand, dan servis backhand, akan membantu Anda memulai permainan ini.

Kebanyakan pemula biasanya bertanya, “Apa saja skill dasar tenis meja?” Untuk meningkatkan permainan ini, Anda harus terlebih dahulu mempelajari pukulan dasar dalam tenis meja: forehand drive, backhand drive, dan backhand push. Pengetahuan tentang pukulan dasar ini akan memudahkan untuk maju ke pukulan tenis meja lainnya. Keterampilan yang perlu Anda kembangkan dalam bermain tenis meja adalah belajar memukul bola tenis secara konsisten dan mengontrol bola. Anda dapat mulai mempelajari keterampilan dasar tenis meja dengan mempelajari pukulan dalam permainan dan menguasainya. Berlatih teknik tenis meja memainkan peran penting dalam meningkatkan permainan Anda.

Juga, menggunakan peralatan tenis meja yang benar akan memberikan hasil terbaik. Anda hanya perlu berinvestasi pada bet tenis meja terbaik. Ada bet yang dirancang untuk pemula, sementara beberapa lainnya ditujukan untuk pemain tingkat lanjut. Memilih bet yang tepat yang sesuai dengan tingkat keahlian Anda juga akan membantu permainan Anda.

 

Sumber : https://www.tabletennisday.com/blog/skills-in-table-tennis.html



Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published